Empat Kuliner Unik Khas Bali

rujak khas bali kuah pindang

Sate lilit ikan tuna, ayam betutu, sampai sambal matah merupakan beberapa dari masakan Bali. Masakan ini terkenal tak hanya sebagai menu yang diburu penggemar wisata kuliner saat bertandang ke Bali, tetapi juga dikenal sampai bisa Anda temukan di luar Pulau Bali.

Selain masakan tersebut, ada pula masakan-masakan lain yang belum terlalu tenar oleh wisatawan nusantara, namun digemari oleh penduduk lokal Bali. Mau mencoba beberapa masakan tersebut? Berikut beberapa masakan yang bisa Anda coba.

Rujak Kuah Pindang. Pindang adalah ikan, lalu rujak pastinya tentang buah. Apa hubungannya? Nah kuliner satu ini memang unik. Bayangkan segarnya buah-buah berpadu dengan asinnya kaldu ikan. Ya, itulah Rujak Kuah Pindang yang menjadi cemilan khas masyarakat Denpasar.

Buah yang dipakai biasanya kedondong, bengkuang, timun, dan buah-buah mentah lainnnya. Kaldu ikan dicampur dengan cabai dan terasi, bisa ditambahkan sedikit gula merah jika Anda tak tahan dengan rasa asinnya. Rasanya merupakan kolaborasi unik antara manis, renyahnya buah, asin, asam, dan kecut.

Ingin mencoba rasa rujak ini? Sangat mudah mencari kuliner satu ini di kawasan Badung maupun Denpasar. Salah satunya bisa di kawasan Jimbaran ataupun di Denpasar seperti sebuah warung di Jalan Bukit Tunggal.

Laklak. Kuliner satu ini adalah jajanan pasar yang legit. Bisa dibilang inilah surabi-nya Bali. Laklak menjadi kue khas Tabanan, kabupaten  di barat Bali. Namun, kue ini bisa Anda temukan hampir di seluruh Bali.

Laklak terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan periuk tanah liat. Setelah matang, ditaburi parutan kelapa dan disiram gula cair. Di Tabanan, Anda bisa mencarinya di Pasar Tabanan. Laklak nikmat dimakan sambil minum kopi.

Sudang Lepet. Sudang lepet adalah ikan asin yang merupakan makanan khas Buleleng, kabupaten di utara Bali. Ikan gepeng yang diasinkan ini cukup digoreng untuk mendapatkan tekstur yang garing nan gurih. Biasanya, ikan yang telah digoreng cukup diberi minyak kelapa, jeruk nipis, dan cabai untuk menambah kelezatan rasa.

Makan sudang lepet paling nikmat ditemani dengan jukut undis (sayur undis) dan plecing kakung, serta nasi panas. Bisa juga dengan sambal terasi atau sambal matah sebagai teman menikmati ikan asin ini. Masih agak jarang tempat makan di Bali yang menjual menu ini.

Di Buleleng, Anda bisa mencarinya di Rumah Makan Pondok Asri. Sudang lepet juga bisa Anda beli di pasar-pasar di Buleleng sebagai oleh-oleh. Cukup digoreng dan nikmati kerenyahan ikan.

Serombotan. Kuliner satu ini merupakan khas Klungkung, kabupaten di timur Bali. Seklias mirip sayur urap. Isinya kangkung, tauge, kacang panjang, bayam, dan aneka kacang.

Lalu diberi parutan kelapa dan disiram sambal pedas. Bisa dimakan juga dengan ketupat. Tertarik mencobanya? Anda bisa mencarinya di Pasar Klungkung. Bisa juga di Pasar Senggol.

Sumber : Kompas Travel

Contact SOES MERDEKA BALI BAKERY
Telepon : 0361-792-0808 HP 0851-OO92-08O8
BBM :  5B0F1A17
Whatsapp O8II 2I7 2OI
Email : SoesMerdekaBali@gmail.com

This entry was posted in Tentang Bali and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Empat Kuliner Unik Khas Bali

  1. Pingback: Liburan Ke Bali Belum Sah Bila Belum Ke Lima Tempat Ini | Snack Box Bali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s