Tiga Lokasi Rafting dan Arung Jeram Paling Bagus Di Bali

arung jeram bagus bali

Arung jeram alias rafting bukan sekadar cabang olahraga, namun sudah menjadi aktivitas wisata. Siapapun bisa berarung jeram, tak harus profesional yang berpengalaman. Anda yang pemula pun bisa berarung jeram.

Cukup mengenali kesulitan setiap sungai. Apalagi, di Indonesia memiliki banyak sungai dengan level kesulitan arung jeram yang berbeda-beda. Jika Anda pemula maupun penggemar rafting, coba pilih tiga lokasi arung jeram di Bali berikut ini.

Bakas Levi Rafting
Bakas Levi Rafting menawarkan produk petualangan wisata arung jeram di Sungai Melangit. Rafting di sungai ini juga tidak kalah seru dan menantang seperti di tempat lain di Bali. Keunggulan dari lokasi ini adalah kondisi alamnya yang masih sangat alami, udara segar daerah pedesaan, penduduk sekitar yang ramah tamah, dan tempatnya terhindar dari polusi serta kebisingan aktivitas di perkotaan. Selain itu di tempat ini anda dapat mencoba mengunjungi Bali elephant park.

Dengan lokasi sangat strategis, para peserta yang sudah menyelesaikan administrasi, cukup berjalan 5 menit menuju starting point. Sebelum kegiatan dimulai, peserta akan diberikan pengarahan oleh pemandu yang sudah terlatih dan berpengalaman. Setiap peserta akan dibagikan jaket pelampung dan helm untuk melindungi kepala jika terjatuh dari perahu. Peralatan lainnya yang digunakan seperti perahu karet dan dayung tentunya sudah memenuhi standar internasional. Mengingat keselamatan dan kenyamanan peserta sangat diutamakan dalam aktivitas ini. Bakas Rafting Bakas Levi Rafting

Selama kurang lebih 2 jam perjalanan peserta akan menikmati derasnya air di Sungai Melangit. Panjang sungai ini kurang lebih 7.5 kilo meter. Dalam perjalanan kita akan melihat pemandangan di sepanjang sungai seperti pepohonan, suara burung berkicau, kera-kera liar yang bebas bergelantungan, air terjun dan aktivitas masyarakat lokal di sekitar sungai.

Bagi anak- anak mulai usia 8 tahun ke atas yang ingin mencoba rafting di sini, tidak perlu khawatir. Pemandu yang sudah berpengalaman akan dengan senang hati menemani. Jangan lupa membawa baju ganti, sepatu air, kamera, dan tentunya semangat petualang menyusuri riak-riak air sungai yang deras.

Sesampainya di lokasi finish, peserta sudah disediakan ruang ganti dan toilet yang nyaman. Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan makan siang sambil menikmati segarnya udara alam pedesaan. Sungguh menjadi pengalaman yang tidak terlupakan setelah mencoba petualangan air yang satu ini.

Rafting Sungai Ayung
Sungai Ayung terletak di kawasan Payangan, dekat Ubud.Bisa di akses dari jalur payangan ataupun Sangeh. Kegiatan rafting menempuh jarak kurang lebih 6 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1.5 – 2 jam. Wisatawan juga bisa kombinasikan dengan tour yang lain seperti Rafting + Bedugul Tour. Ataupun bisa datang sendiri ke lokasi dengan sewa ataupun bawa mobil sendiri dengan tetap melakukan reservasi terlebih dahulu.

Rafting di Sungai Ayung memberikan pengalaman yang tak terlupakan selama liburan di Bali. Wisata Bali berkerjasama dengan Operator Ayung River Rafting, menawarkan paket spesial rafting di Bali, Paket Rafting ini mengambil lokasi di daerah Ubud, jika sewa mobil dari Bandara ke lokasi kurang lebih 1 jam perjalanan. Di Lokasi ini sangat cocok untuk pe-rafting pemula karena tidak banyak kesulitan yang dialami selama rafting, disamping letaknya di daerah wisata Ubud yang terkenal di Mancanegara, juga di tebing – tebing sungai Ayung terdapat banyak sekali, villa, Resort dan Hotel terkenal. Sepanjang 1 km di tebing sungai, anda juga akan menyaksikan relief ramayana , sangat bagus dan dikerjakan oleh seniman seni ukir batu yang mumpuni. Sungai Ayung nya sendiri merupakan sungai yang terbesar di Bali. Untuk adventure rafting lainnya lebih menantang adalah Telaga Waja Rafting, airnya lebih bening dan aliran airnya lebih deras.

Rafting Telagawaja
Selain kegiatan tour, wisata di Bali, tidak lengkap tanpa wisata petualangan seperti adventure rafting di Sungai Telaga Waja, yang merupakan rafting site paling menantang di Bali. Sungai Telaga Waja terletak di desa Muncan, Karangasem, jika sewa mobil menuju ke lokasi dapat dicapai dalam kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari bandara Ngurah Rai. Menambah lengkap aktifitas wisata selama Liburan di Bali.

Sungai Telaga Waja dikenal sebagai site rafting terbaik di Bali dengan tantangan yang lebih dibandingkan di sungai lainnya, jika di bandingkan dengan rafting sungai Ayung , sungai Telaga waja memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi, karna derasnya aliran air dan banyaknya rintangan – rintangan seperti bebeatuan, jembatan bambu dan lainnya, menjadikan Telaga Waja Rafting sebagai salah satu tempat yang sangat menarik dan seru untuk mengisi liburan di Bali.

Daya tarik lain yang dimiliki Telaga Waja adalah pesona alam yang indah dan menyegarkan yang didukung oleh keberadaan sawah-sawah bertingkat dengan aktifitas para petani tradisional dan juga perkebunan, juga pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi di sisi utara.

Petualangan arung jeram ini, ditempuh selama kurang lebih 2 – 2,5 jam memiliki trek paling panjang + 12 km. Sungai Telaga Waja mengalir jernih dengan arus yang cukup deras dengan beberapa jeram dan bebatuan cocok untuk menguji nyali. Telaga waja memiliki jeram dengan tinggi hampir 5 meter, tapi sangat aman. Akses ke start point tidak begitu jauh.

Operator yang menyediakan jasa rafting di sungai Telaga Waja ini juga sangat mengutamakan keamanan dan keselamatan para pesertanya, sehingga rafting di Telaga Waja sangat aman bahkan untuk anak-anak sekalipun. Setiap perahu akan dipandu oleh instruktur atau guide yang terlatih dan berpengalaman. Mereka juga sangat bersahabat. Sebelum memulai rafting, briefing untuk keamanan pun akan diberikan. Jadi sangat disayangkan jika Anda melewatkan atraksi wisata ini selama Liburan di Bali. Jika Anda menyukai wisata air lainnya pusat rekreasi wisata bahari di Tanjung benoa dengan banyak pilihan permainan watersport yang suka wisata kapal pessiar tersedia Bali Hai Cruise dan Quicksilver Cruise. Berwisata dengan anak-anak di Bali coba juga petualangan naik gajah juga naik unta.

Sumber : balitopholiday.com

 

This entry was posted in Tentang Bali and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s