Enam Pantai Perawan Paling Rahasia di Bali

ungasan beach bali

Pantai Kuta boleh saja jadi daya tarik utama Pulau Bali. Tapi, Pulau Dewata ini masih punya suguhan lain bagi para traveler yang ingin menyepi. Menjauh dari keramaian di 6 pantai rahasia di Bali.

Alam dan budaya adalah alasan kuat di balik kegemaran wisatawan mancanegara terhadap pulau Bali. Kuta dan Seminyak adalah dua contoh pantai yang digandrungi traveler domestik. Namun, ada pantai-pantai sepi pengunjung dan tak banyak diketahui orang.

Keberadaan pantai ini seolah menjadi rahasia, padahal keindahannya luar biasa. Disusun detikTravel, Kamis (21/6/2012), inilah 6 pantai tersembunyi untuk Anda menyepi di Pulau Dewata:

1. Pantai Ungasan

Pantai yang terletak di wilayah paling selatan Pulau Bali ini didaulat sebagai salah satu pantai tercantik. Inilah pantai yang jadi tempat berdirinya Nammos Beach Club, salah satu kelab paling tersohor di Pulau Dewata. Untuk menikmati pantai ini, Anda harus merogoh kocek Rp 250 ribu sebagai tiket masuk, yang bisa digunakan seluruhnya untuk membeli makan dan minum.

Pantai tercantik, benarkah? Argumen ini boleh diadu ketika Anda menyaksikannya sendiri. Bentangan pasir putih diterpa ombak kecil dari lautan berwarna biru jernih. Melihat pantai ini dari Nammos Beach Club akan mengingatkan Anda tentang pantai-pantai di sekeliling Laut Mediterania. Cantik!

Selain Nammos Beach Club, Pantai Ungasan hanya bisa diakses kalau Anda menginap di Karma Kandara Resort atau Banyan Tree Resort. Dua resor ini persis berdiri di sebelah Nammos Beach Club. Selain berenang, kegiatan yang paling digemari wisatawan tentu saja berjemur sambil menyeruput koktail segar!

2. Pantai Balangan

Saat Pantai Dreamland sudah dipenuhi resor dan tak lagi sepi, para peselancar melangkahkan kaki mereka ke Balangan. Hamparan pasir putih terbentang, bersih dan hampir tak ada sampah. Warung-warung di sepanjang tepinya menyajikan mie instan, bir dingin, juga menyewakan kursi berjemur.

Aktivitas yang bisa dilakukan di sini tentu saja berselancar, karena ombak yang menabrak tepian pantainya serupa dengan Dreamland. Anda juga bisa berenang, bermain pasir, atau berjemur di kursi untuk menikmati pemandangan indah. Namun berhati-hatilah, karena terdapat karang di beberapa tempat. Reef shoes sebaiknya digunakan.

Dari Kuta, ambillah arah menuju Bypass Ngurah Rai hingga lewat Nusa Dua, lalu belok ke arah Uluwatu 10 menit kemudian. Siapkan kedua mata Anda dalam kondisi awas akan adanya papan penunjuk jalan ke arah Balangan.

3. Pantai Amed

Kalau Anda lebih berhasrat untuk melihat keindahan bawah laut Pulau Dewata, Pantai Amed adalah jawabannya. Mungkin Anda akan kaget ketika melihat hamparan pasir vulkanis berwarna kehitaman menyambut Anda di sepanjang pesisir pantainya. Tapi jangan menganggap remeh dulu, karena pantai ini adalah titik awal aktivitas penyelaman yang super indah!

Selain diving, tentu saja snorkeling jadi agenda utama. Pantai ini terletak dekat dengan Pantai Nipah dan Tulamben, yang tersohor dengan keindahan bawah lautnya. Di pantai ini, terdapat desa nelayan penghasil garam laut. Pada malam hari, coba telusuri bibir pantai dan nikmati langit yang hampir selalu bertabur bintang.

Untuk mencapai pantai ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun taksi. Dari arah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, bertolaklah ke arah timur Desa Culik yang ada di jalan utama Karangasem-Singaraja.

4. Pantai Geger

Jika Anda mengutamakan agenda berenang saat liburan, inilah pantai pertama yang harus ada dalam daftar. Hanya lima menit perjalanan dari Nusa Dua Golf Course, Pantai Geger akan menyambut Anda dengan gradasi warna air biru kehijauan. Ombaknya tak besar sehingga nyaman untuk aktivitas renang. Pantai ini juga berada di sebelah St Regis Nusa Dua Resort.

Pasir pantainya berwarna cokelat muda, halus dan padat, memungkinkan Anda bermain voli pantai atau arena balap lari bagi anak-anak. Beberapa restoran terletak tak jauh dari sini, yang terkenal sebagai tempat ‘sunday brunch’ bagi para turis.
Jika beruntung, Anda bisa menemui para penghasil rumput laut bekerja di sebuah area antara Kafe Geger dan Kuil Geger.

Belum cukup? Baiklah, satu keuntungan lain. Geger adalah salah satu pantai di mana kerap kali para turis berjemur secara ‘topless’.

5. Pantai Bias Tugel

Pantai Tugel biasa disebut Pantai Kecil. Menarik, karena pendatangnya kebanyakan para petualang dan jauh dari jangkauan turis. Walaupun letaknya dekat dengan Padang Bai, Anda harus berjalan kaki dengan trek berbatu sepanjang 500 meter untuk mencapai bibir pantainya. Trek dimulai dari terminal kapal ferry Padang Bai.

Namun, apa yang akan menyambut Anda di ujung sana adalah spektakuler. Laut dengan gradasi warna putih-biru muda-biru tua memenuhi seluruh sudut mata. Dipercantik dengan pasir putih nan halus serta deretan pohon kelapa.

Dari titik terpencil ini, Anda bisa melihat kapal-kapal yang masuk dan keluar dari Padang Bai. Pantai ini memang memungkinkan untuk berenang, namun berhati-hatilah karena ombak bisa sewaktu-waktu tinggi. Aktivitas terbaik untuk dilakukan di pantai ini adalah, diam menikmati panorama laut yang menawan.

6. Pantai Pasir Putih

Sesuai namanya, pantai ini diisi bentangan pasir putih bersih. Tak heran, pantai ini menjadi primadona Kabupaten Karangasem. Letaknya bersembunyi di antara dua tebing di Desa Prasi.

Ini adalah pantai yang cocok untuk semua aktivitas pinggir laut, mulai dari berjemur sampai berenang di antara ombak di lautan biru. Asyiknya, tak banyak pengunjung yang mendatangi pantai ini. Hanya ada beberapa warung yang menyajikan mie instan dan minuman dingin.

Sumber : Detik Travel

This entry was posted in Tentang Bali and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s