Rahasia di Balik Empuknya Roti Jepang

Akhir-akhir ini roti Jepang sepertinya tengah digandrungi pecinta produk bakery hal ini diikuti munculnya outlet-outlet bakery yang mengusung konsep Japanesse bread sebagai produk utama mereka. Apa yang membuat roti satu ini menjadi primadona baru, beberapa waktu lalu Pastry&Bakery berkesempatan mengikuti kursus membuat roti Jepang bersama Baking Instructor, Hadi Tuwendi di PD.Rossy Jakarta.

Akhir-akhir ini roti Jepang sepertinya tengah digandrungi pecinta produk bakery hal ini diikuti munculnya outlet-outlet bakery yang mengusung konsep Japanesse bread sebagai produk utama mereka. Apa yang membuat roti satu ini menjadi primadona baru, beberapa waktu lalu Pastry&Bakery berkesempatan mengikuti kursus membuat roti Jepang bersama Baking Instructor, Hadi Tuwendi di PD.Rossy Jakarta.

Menurut Hadi Tuwendi, pada dasarnya roti Jepang ini tak berbeda dengan roti manis pada umumnya namun yang membedakan adalah jenis bahan yang digunakan untuk membuatnya. Roti jenis ini memiliki tekstur yang lebih empuk karena menggunakan terigu Jepang yang memiliki karakter menyerap air lebih banyak, inilah yang membuat teksturnya menjadi lebih empuk meskipun hanya menggunakan sedikit telur. Terigu Jepang ini juga memiliki kelebihan lain seperti teksturnya lebih halus dan warna yang lebih putih. Untuk harga terigu jenis ini harganya lebih tinggi sekitar Rp.5.000 hingga Rp.6.000 per kilo dibanding terigu yang banyak beredar dipasaran.

Rahasia lain adalah penggunaan shortening atau mentega putih yang membuat penampilan roti menjadi lebih putih. Beberapa resep menambahkan whipping cream yang membuat rasa roti lebih enak. Anda juga bisa mengganti whipping cream dengan susu segar. Tentu saja dengan penambahan whipping cream atau susu segar selain memberikan rasa yang lebih enak, namun dari segi harga dirasakan kurang ekonomis. Namun tak ada salahnya mencoba, apalagi jika sasaran pembeli produk Anda memiliki karakteristik golongan ekonomi A+ dengan mengadopsi gaya hidup sehat.

Variasi Topping

Dari sisi teknis pembuatanpun tak berbeda jauh untuk membuat roti jenis ini. “Dilihat dari tampilan, roti Jepang lebih menarik biasanya karena bentuk dan topping-nya bervariasi dan kreatif untuk rasa roti ini juga tidak terlalu gurih tapi tetap enak,” jelas Hadi. Ia juga menyarankan dalam setiap pembuatan roti sebaiknya menggunakan teknik straight dough atau dengan membuat adonan biang terlebih dahulu. Dengan teknik ini roti yang dihasilkan akan memiliki umur simpan yang lebih lama, volumenya lebih tinggi, pori-pori lebih besar dan aroma yang lebih harum. Selain kreatif dengan bentuk, roti Jepang juga kaya dengan aneka fi lling mulai dari yang asin hingga manis seperti Chicken Teriyaki, Hot Beef Nagasaki yang pedas, Naisu Bread serta Zaimoku untuk pecinta cokelat.

Tips:

  1.  Untuk membuat roti dengan rasa cokelat (zaimoku bread), sisihkan sebagaian adonan sebelum kalis untuk diberi pasta cokelat kemudian aduk kembali hingga kalis.
  2.  Jika pemberian cokelat pasta setelah adonan kalis akan menyebabkan adonan overmix.
  3.  Overmix bisa menyebabkan pengembangan roti yang lama dan ketika dimakan akan terasa lengket di dalam mulut.
  4.  Perhatikan waktu saat pemberian topping roti. Sebaiknya pemberian topping setelah diletakkan di cupcase sebelum roti benarbenar mengembang. Pada saat ini lakukan pemolesan serta diberi taburan. Karena bila dilakukan sebelum benar-benar mengembang bisa menyebabkan roti kempes setelah dipanggang.
  5.  Proses memanggang roti yang menggunakan cupcase, harus menggunakan suhu yang lebih panas dengan waktu yang lebih singkat.
  6.  Perhatikan step pengembangan adonan roti. Membuat roti membutuhkan kesabaran. Jangan tergoda untuk melakukan shortcut langkah-langkah pada saat mengembangkan adonan.

Sumber : pastrynbakery.com

NB : Untuk mencicipi Roti kualitas Jepang, silakan klik katalog produk roti Soes Merdeka Denpasar Bali

This entry was posted in Tips Roti and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s