Pilih Pemanis Alami atau Artifisial ? Bagian 3

Menyiasati ekspektasi konsumen
Citarasa pada produk makanan dan minuman tak berasal dari satu sumber saja. Berbagai bahan memberi kontribusi untuk menciptakan citarasa, untuk sebagian maupun seluruhnya. Misalnya, zat seperti emulsifier bisa digunakan untuk menghasilkan tekstur dan sekaligus citarasa, dan pada saat yang sama mengurangi penggunaan lemak maupun kalori.

Bahan perisa biasanya bersinergi dengan bahan-bahan lainnya untuk menghasilkan produk makanan, di antara bahan pewarna dan pemberi aroma. Pada produk makanan, tampilan dan aroma merupakan poin penting yang dapat dihasilkan dari kombinasi bahan-bahan tersebut.

Yang termasuk bahan perisa cukup luas, termasuk berbagai jenis gula, buah-buahan, sayuran, produk-produk berbasis susu, sampai daging hewan. Meski produk-produk tersebut juga bisa berfungsi membentuk tekstur maupun tampilan pada produk makanan. Keju, mentega, kopi, jeruk limau, kelapa, dan apel, juga merupakan bahan perisa yang umum digunakan di industri kuliner.

Sebagaimana bahan pemanis, bahan-bahan perisa bisa bersumber dari bahan alami maupun artifisial. Namun permintaan konsumen tak hanya berhubungan dengan aspek alami atau aritifisial. Sebagian konsumen sekarang juga cenderung berekspektasi mendapatkan produk makanan yang rendah kalori tapi kaya citarasa. Sementara itu, mereka juga berharap mendapatkan produk kuliner yang eksotik—lain dari yang lain.

Inovasi menjadi elemen kunci bagi industri makanan, untuk menyediakan produk dengan citarasa yang memenuhi ekspektasi mereka. Produsen perlu memadukan berbagai jenis bahan pemanis maupun perisa—untuk menghasilkan produk yang citarasanya sesuai ekspektasi pelanggannya. Sebagai contoh, menurut sebuah riset, belakangan ini kian banyak industri kuliner di Amerika Serikat menggunakan bahan perisa seperti buah jambu batu dan leci, yang mendapat apresiasi relatif bagus dari konsumen.

Sumber : pastrynbakery.com, 3 Juli 2010

This entry was posted in Tips Roti and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s