Pilih Pemanis Alami atau Artifisial ? Bagian 2

Belum tentu bebas karbohidrat
Masalah kegemukan bukanlah satu-satunya alasan yang mempengaruhi tren pertumbuhan permintaan bahan pemanis artifisial. Meningkatnya jumlah penderita diabetes, juga memberi kontribusi pada pertumbuhan permintaan tersebut. “Pemanis artifisial dapat memenuhi kebutuhan spesifik mereka yang sedang mengendalikan berat badan dan menghadapi masalah diabetes,” kata ahli nutrisi yang berbasis di New York City, Phyllis Roxland. “Keberadaan pemanis artifisial memberi kesempatan kepada banyak orang untuk menikmati berbagai jenis makanan dan minuman bercitarasa manis yang pada umumnya ‘terlarang’ bagi mereka.”

Meningkatnya masalah kegemukan dan diabetes belakangan ini memicu pertumbuhan permintaan pemanis buatan oleh industri kuliner. Bahkan Global Industry Analysts memprediksikan bahwa industri pemanis artifisial akan mencapai pertumbuhan tercepat di antara industri-industri bahan makanan.

Pemanis artifisial tidak berpengaruh terhadap tingkat kandungan gula dalam darah. Sementara itu, banyak jenis makanan dengan pemanis buatan masih dapat mempengaruhi kandungan gula dalam darah, karena terdapat karborhidrat maupun protein lain pada makanan tersebut. Dengan kata lain, makanan dengan pemanis buatan bisa dikatagorikan bebas gula (sugar-free), tapi belum tentu bebas karbohidrat (carbohydrate-free).

Ini berkaitan erat dengan masalah kegemukan. “Kunci keberhasilan menurunkan berat badan adalah tingkat konsumsi kalori,” tutur Ruth Kava, PhD, RD, direktur nutrisi pada American Council on Science and Health (ACSH) di New York City. Ruth memberi gambaran, “Jika Anda mengonsumsi diet soda, untuk menggantikan soda bergula, Anda terhindar dari konsumsi 100 kalori. Tapi jika Anda mengonsumsi 15 cookies bebas-gula (yang mengandung kalori), untuk menggantikan 2 cookies biasa, itu tidak berarti apa-apa untuk menyelamatkan diri dari masalah kegemukan.”

Sumber : pastrynbakery.com, 3 Juli 2010

This entry was posted in Tips Roti and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s