Pilih Pemanis Alami atau Artifisial ? Bagian 1

Tren penggunaan bahan-bahan pemanis artifisial oleh industri makanan dan minuman kian menguat. Tak terkecuali di industri pastry dan bakery. Inovasi menjadi elemen kunci bagi industri kuliner untuk merespon kebutuhan pelanggan, termasuk ekspektasi mereka pada citarasa manis yang eksotik—tak asal manis. Gula memang identik dengan citarasa manis.

Tapi tak hanya gula yang menghasilkan manis. Terdapat berbagai jenis gula dan pemanis yang beredar di pasaran, meski hanya sedikit di antaranya yang dikenal luas di masyarakat. Jenis-jenis gula dan pemanis itu antara lain gula pasir, gula kastor, gula batu, gula merah, brown sugar, madu, vanila, muscovado, dan lain-lain. Sementara itu, terdapat pula pemanis buatan (artifisial), termasuk sacharin yang acap kita dengar.

Tren gaya hidup sehat yang dipelopori masyarakat di negara-negara maju, memunculkan asumsi umum bahwa gula berpotensi menyebabkan kegemukan dan masalah-masalah kesehatan lainnya. Femomena ini menjadi penyebab utama terjadinya peningkatan permintaan bahan-bahan pemanis buatan. Pada 2006, sebuah laporan oleh Global Industry Analysts, sebagaimana dikutip Food Navigator, menyebutkan bahwa sebagian besar (65 persen) industri pemanis artifisial terdapat di Amerika Serikat dan Eropa.

Pemanis artifisial, yang juga disebut pengganti gula, adalah campuran yang menawarkan citarasa manis seperti gula namun tanpa kandungan kalori yang sama dengan gula. Bahan pemanis itu berpotensi memberi citarasa 30 sampai 8.000 kali lebih manis daripada gula, namun dengan kandungan kalori jauh di bawah yang dibuat dengan gula (sukrosa). Setiap gram gula refinerasi mengandung 4 kalori. Sedangkan pengganti gula tidak mengandung kalori dalam setiap gramnya.

Sumber : pastrynbakery.com, 3 Juli 2010

This entry was posted in Tips Roti and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s