Roti Bluder, Roti Lembut Warisan Belanda

Penjajahan Belanda membuat bangsa Indonesia mengenal aneka roti. Di era kolonial itu pula mulai tumbuh berbagai toko roti. Produksi roti di toko-toko tersebut biasanya dilakukan secara tradisional di rumah penjualnya (hand made). Meski demikian, roti- roti “tempo doeloe” itu banyak penggemarnya hingga kini.

Bluder adalah salah satu jenis roti yang berkembang pada era kolonial Belanda. Ciri khas roti ini adalah sangat empuk dan kalau disobek akan terlihat serat rotinya. Roti ini dibuat tanpa bahan pengawet atau pelembut buatan.

Roti bluder bisa disebut sebagai roti kuno. Kok, kuno, sih? Ya iya lah karena, roti ini sudah ada sejak jaman Belanda. Umur boleh tua, tapi soal penampilan dan rasa, roti bluder layak jadi pujaan sepanjang masa.

Apa yang bikin roti bluder begitu istimewa? Ini karena adonan roti bluder merupakan perpaduan antara adonan roti dan cake yang membuat teksturnya begitu lembut dan halus. Warna kuning daging roti diperoleh dari pemakaian kuning telur yang relatif lebih banyak dibanding roti biasa.

Sumber : Tribunnews.com, Yukmakan.com

This entry was posted in Tentang Roti. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s