Pannetone, Roti Manis dari Milan

Jenis roti manis yang satu ini selalu hadir menjelang Natal. Rasanya manis legit dengan campuran buah kering yang renyah enak. Roti asal Milan ini bisa jadi teman yang asyik minum teh ataupun kopi hangat di hari Natal nanti. Penasaran?

Pannetone adalah salah satu jenis roti manis yang banyak dijumpai di Milan. Roti ini kerap kali dijumpai saat Natal menjelang dan juga di malam tahun baru. Meskipun roti manis ini menjadi salah satu kuliner khas Milan, namun hampir di semua negara Eropa bisa dijumpai bahkan sampai ke Amerika Latin.

Roti manis ini berbentuk silinder, dengan tinggi sekitar 12-15 cm dan berat 1kg perbuahnya. Proses pembuatannya biasa dilakukan beberapa hari sebelum Natal. Rasa roti ini manis segar karena biasanya diberikan campuran manisan jeruk, perasan jeruk lemon, serta buah-buahan kering. Namun ada juga yang mencampurnya dengan potongan cokelat.

Pannetone disajikan dengan cara diiris vertikal, dan biasa dijadikan teman minuman hangat seperti cokelat hangat, kopi, teh, hingga wine. Di beberapa bagian daerah di Italia, pannetone disajikan bersama dengan crema di mascarpone. Krim yang terbuat dari mascarpone, telur, buah-buahan kering, dan sedikit liqueur. Apabila mascarpone keju tidak tersedia, zabaglione biasanya menjadi pengganti.

Sumber : Detikfood

This entry was posted in Tentang Roti. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s