Monkey Bread, Roti Unik Dari Amerika

Penggila roti manis? Roti manis yang satu ini wajib Anda cicipi. Rasanya manis dan agak lengket karena dilapisi karamel dan kayu manis. Karenanya aromanya wangi semerbak. Sekali coba, dijamin ketagihan. Bersiap saja menjilati jari-jari seperti monyet!

Roti manis yang satu ini sering disajikan untuk sarapan orang Amerika. Tampilannya tak jauh beda dengan roti manis biasa. Dicetak dalam cetakan tulban yang berlubang tengah. Hanya saja bagian luarnya dilapisi lelehan karamel dan kayu manis.

Tak ada yang tahu pasti mengapa disebut roti monyet alias Monkey Bread. Nama lainnya adalah Pinch Me cake, bubbleloaf dan monkey brains. Mungkin saja karena roti ini lengket maka saat memakan harus ditarik-tarik supaya terlepas.

Konon dulu pertama kali diperkenalkan di sebuah majalah wanita Amerika tahun 1950. Lama kelamaan menjadi populer hingga ke luar Amerika. Roti ini dibuat dari adonan roti manis biasa. Adonan kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan dan diberi lapisan.

Lapisannya berupa mentega leleh, kayu manis bubuk, gula dan kadang-kadang cincangan pecan atau walnut. Setelah itu barulah bola-bola adonan disusun dalam loyang tulban (lubang tengah) dan dipanggang seperti roti biasa.

Karena lapisannya lengket di tangan maka orang Amerika biasanya menyantap roti ini dalam keadaan hangat sehingga mudah ditarik dan dilepas. Karena lengket satu sama lain, roti ini harus ditarik-tarik agar terlepas dan bisa dimakan. Konon karena cara makannya ditarik-tarik mirip cara makan monyet maka roti ini disebut Monkey Bread alias roti monyet.

Untuk menyantap roti ini sangat dianjurkan dengan memakai tangan atau jari karena roti akan sulit terlepas jika memakai pisau. Jika sudah dingin, agak sulit menarik roti yang rasanya manis legit ini. Bersiaplah menjilati jari-jari karena berlepotan dengan lapisan karamelnya, mirip dengan monyet. Karenanya lengkap sudah julukan roti ini sebagai Monkey Bread.

Sumber :  Detikfood

This entry was posted in Tentang Roti. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s