Bunuelos, Roti Goreng Spanyol

Jenis makanan satu ini selalu hadir di perayaan Natal dan tahun baru. Bentuknya yang bundar seperti bola golf memiliki rasa manis yang legit. Makanan ini adalah salah satu roti  yang populer di Eropa. Enak dimakan hangat bersama keluarga saat menikmati liburan.

Bunuelos
(dibaca : bunyols), dari bahasa Spanyol, artinya makanan yang digoreng. Bunuelos  merupakan makanan tradisional khas Spanyol yang ditemui saat perayaan Natal dan tahun baru. Makanan tradisional khas Spanyol yang diadaptasi dari Arab ini ternyata juga merupakan salah satu camilan yang cukup populer di berbagai negara seperti Filipina, Turki, Yunani, dan Maroko.

Roti goreng yang manis ini bentuknya bulat sebesar bola golf, proses pembuatannya terbilang mudah.  Bahkan nyaris mirip dengan olieballen. Adonan roti manis diberi bumbu rempah kemudian diberi  isian selai, cokelat, keju, manisan buah atau yang lain.

Sebagai lapisannya, roti goreng dibalut madu, gula bubuk atau gula pasir halus. Roti goreng ini enak dimakan hangat-hangat. Karena bagian luarnya renyah dan bagian dalamnya lembut berserat. Aroma wangi ragi dan mentega saat digoreng akan membuat roti ini makin menggiurkan.

Pada umunya roti tradisional ini, tidak hanya disajikan pada perayaan Natal saja, bisa sajikan pada hari besar lainnya. Di Meksiko,  Bunuelos merupakan makanan penting yang tidak boleh terlewatkan. Biasanya bunuelos dinikmati bersama cokelat panas.

Nah, kalau ingin ngemil yang agak berbeda. Roti goreng Spanyol ini bisa jadi pilihan. Bisa dibentuk lebih kecil, dimakan hangat bersama wedang jahe, kopi atau susu cokelat sambul menanti tahun berganti.

Sumber : Detikfood

This entry was posted in Tentang Roti. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s