Jenis dan Kualitas Tepung Terigu

Dalam proses pembuatan roti ada 4 bahan pokok yang wajib ada yaitu tepung terigu, air, ragi dan garam. Gandum sebagai bahan baku dari tepung terigu merupakan produk import yang tanamannya tidak tumbuh di Indonesia. Gandum mentah dikirim dari negara eksportir dengan menggunakan kapal laut dan tiba di berbagai pelabuhan di Indonesia. Gandum mentah tersebut kemudian diolah di sejumlah pabrik tepung terigu di Indonesia sehingga siap digunakan. Satu perusahaan tepung terigu mengeluarkan tidak kurang dari belasan hingga puluhan merk namun tepung terigu yang cukup dikenal masyarakat dan beredar di pasaran saat ini tersedia hanya dalam beberapa kategori jenis, kualitas dan harga :

a)      Tepung Terigu Protein Sangat Tinggi

Tepung jenis ini tidak banyak digunakan secara umum, tetapi khusus digunakan untuk bakery-bakery outlet tertentu dengan harga jual roti yang sangat mahal seperti outlet bakery franchise di kota-kota besar. Serat yang sangat lembut dan bentuk yang indah pada hasil jadi roti merupakan ciri khas dari produk yang dihasilkan dengan tepung terigu jenis ini. Harga jual tepung ini adalah yang termahal. Beberapa merek tepung jenis ini yang dikenal di bakery adalah Cakra Kembar Emas, Tali Emas Spesial, Gerbang.

 b)      Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu ini adalah tepung yang khusus untuk pembuatan roti dengan tingkat kekenyalan yang tinggi. Tepung ini dipasaran secara umum dikenal oleh masyarakat dengan merek Cakra Kembar, Kereta Kencana, Gunung.dan Tali Emas. Beberapa merk terigu yang masuk kategori ini dengan perlakuan khusus adalah K2 dan Komachi. Sebenarnya ada beberapa merk tepung terigu protein tinggi yang lain namun tidak beredar secara bebas dipasaran namun langsung dijual ke bakery-bakery. Pembuatan roti yang menggunakan tepung ini biasanya dalam beberapa resep dicampur dengan tepung terigu protein sedang untuk menghasilkan roti yang besar, padat dan lembut. Tepung terigu ini tidak cocok untuk pembuatan kue secara umum. Tepung ini memiliki harga jual di bawah tepung terigu protein sangat tinggi.

 c)      Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu ini dikenal sebagai tepung serbaguna untuk segala jenis produk roti dan kue. Seluruh produk roti dan kue dapat dihasilkan dari satu jenis tepung ini. Dipasaran secara umum tepung ini dikenal dengan merek Segitiga Biru, Gunung Bromo, Kompas dan Beruang Biru. Dalam pembuatan roti, terkadang tepung ini merupakan campuran sangat minoritas dengan tepung terigu protein tinggi, namun sebenarnya tepung ini dapat digunakan tanpa campuran tepung protein tinggi. Harga jual tepung ini yang relatif sedang, sedikit meringankan di kantong pembeli.

 d)     Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu kategori ini adalah tepung khusus untuk membuat kue kering dan cake serta tidak cocok untuk membuat roti. Tepung ini dapat menghasilkan kue kering yang renyah dan cake yang lembut karena struktur protein gandumnya yang rendah. Secara umum tepung jenis ini dipasaran dikenal dengan merek Kunci Biru, Roda Biru, Pita Merah dan Teko Mas. Harga jual tepung ini berbeda tipis dengan harga tepung terigu protein sedang.

 e)      Tepung Terigu Protein Sangat Rendah

Tepung terigu ini adalah hanya khusus untuk membuat gorengan dan kue murah dan sangat tidak cocok untuk membuat roti atau kue yang bagus. Tepung jenis ini sangat mudah ditemui di pasar ataupun di warung-warung tanpa harus menyebutkan merek karena harganya yang sangat murah. Secara umum dipasaran merek yang beredar saat ini adalah Gatotkaca, Naga Hijau atau Semar.  Harga jual tepung ini adalah yang termurah di kelasnya.

Sumber : dapurrotiaaindonesia.wordpress.com

About these ads
This entry was posted in Bahan Baku Roti. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s